Teknologi

[Teknologi][slideshow]

Olahraga

[Olahraga][slideshow]

Bisnis

[Pengetahuan][stack]

blogger

[Blogger][btop]

adsense

[Adsense][grids]

11 Pengaturan Google Maps Pintar yang Harus Diketahui

Google Maps dapat melakukan jauh lebih banyak daripada yang mungkin Anda sadari.


Tiap kali Anda pergi ke lokasi yang baru dikenal, ada kemungkinan besar Anda secara naluriah membuka Google Maps untuk membantu memandu Anda pergi jalan yang baru. Banyak orang tidak mengerti menggunakan pengaturan google maps pintar karena mungkin tidak tau.

Tidak ada alat yang lebih baik di luar sana untuk navigasi dan update lalu lintas. Tetapi bahkan jika Anda menggunakannya hampir setiap hari, ada kemungkinan besar Anda belum memanfaatkan sebagian besar fitur-fiturnya yang lebih baik.

Layanan ini memiliki merupakan aplikasi yang berguna (tetapi terkubur) — dan inilah saatnya Anda memeriksanya dan belajar untuk mengetahuinya Dikutip dari situs DuniaTeknologi.Info artikel Pengaturan Google Maps Cerdas.

11 Pengaturan Google Maps Pintar yang Harus Diketahui

1. Cek Pemilihan Rute Secara Berkala

Opsi rute di Google Maps

Begitu banyak orang yang terdampar atau tertunda terjadi karena pengaturan navigasi yang penting telah berubah. Contohnya, Anda mungkin sudah minta Google Maps untuk mencegah hingga menjauhi jalan tol selama perjalanan dan melupakannya. Pada perjalanan Anda berikutnya, Google Maps bakal menyimpan pengaturan dan dapat membawa Anda melalui rute yang lebih lama atau kurang aman (tergantung lokasi Anda).

Sebelum melakukan perjalanan, ketuk ikon profil di Google Maps dan buka Pengaturan > Navigasi. Di bawah pilihan rute, pastikan opsi yang benar dipilih. Anda pasti tidak ingin menjauhi jalan raya atau jalan tol dalam sebagian besar keadaan, jadi sebaiknya periksa pengaturan ini secara berkala.

2. Aktifkan mode penyamaran di Google Maps

Aktifkan mode penyamaran di Google Maps

Menurut default, Google Maps akan biasanya mencatat penelusuran dan data lokasi Anda kecuali Anda memintanya untuk tidak melakukannya. Menggunakan mode penyamaran adalah cara cepat untuk menyetop beberapa pelacakan di Google Maps. Ketuk ikon profil dan pilih Aktifkan mode penyamaran.

3. Jeda riwayat lokasi di Google Maps

Jeda riwayat lokasi di Google Maps (Pengaturan Pause)

Jika Anda lebih suka tidak mengizinkan Google Maps untuk memantau dan memata-matai riwayat lokasi Anda, ketuk ikon profil lalu tekan Data Anda di Maps. Di bawah Riwayat Lokasi, ketuk Aktif. Ini akan membawa Anda ke halaman Kontrol Aktivitas akun Google Anda.

Balikkan sakelar biru di sebelah Riwayat Lokasi dan pilih Jeda untuk menghentikan sehingga Google mencatat lokasi Google Maps Anda. Anda juga dapat mengetuk Kelola aktivitas untuk meninjau semua lokasi yang disimpan sebelumnya dan menghapusnya. Atau, Anda dapat mengaktifkan riwayat lokasi dan mengetuk Hapus otomatis untuk membuat Google menghapus data ini setelah berumur tiga bulan.

4. Download data Google Maps untuk penggunaan offline

Download data Google Maps untuk penggunaan offline

Sementara sebagian besar dari kita tinggal di tempat dengan konektivitas internet yang cukup baik, penjelajahan kita bisa membawa kita ke tempat-tempat terpencil dengan infrastruktur yang kurang kuat. Jika Anda merencanakan perjalanan semacam ini, pastikan untuk download peta untuk penggunaan offline. Mereka tidak akan mempunyai data lalu lintas yang akurat dan terkini yang biasa Anda gunakan, tetapi masih lebih baik daripada hilang di tempat tanpa penerimaan seluler.

Untuk download peta, ketuk ikon profil di Google Maps lalu pilih Peta offline. Selanjutnya, ketuk Atur peta Anda sendiri dan Anda akan melihat peta yang diperbesar dari tempat Anda berada. Yang perlu Anda lakukan hanyalah memindahkan persegi panjang biru ke area yang ingin Anda kunjungi, lalu ketuk Unduh/Download. Sebelum download, Google Maps memberi tahu Anda berapa banyak ruang yang akan digunakan peta yang diunduh di ponsel cerdas Anda. Anda dapat menggunakan peta offline hingga 30 hari sejak tanggal pengunduhan.

5. Tambahkan satu atau dua perhentian ke rute yang Anda rencanakan di Google Maps

Tambahkan satu atau dua perhentian ke rute yang Anda rencanakan di Google Maps

Karena Anda merencanakan perjalanan menggunakan Google Maps, Anda harus mencoba mensimulasikan perjalanan dengan menambahkan perhentian yang direncanakan ke rute. Umumnya Google Maps menampilkan rute tercepat yang memungkinkan antara dua tempat, tetapi jika Anda berencana untuk mengunjungi beberapa tempat lain di sepanjang jalan, menambahkannya ke rute akan membantu Anda mendapatkan ETA yang lebih realistis.

Anda dapat membuka Google Maps dan merencanakan rute terlebih dahulu. Setelah Anda selesai mengerjakannya, ketuk ikon tiga titik di kanan atas dan pilih Tambah Berhenti. Ini akan memungkinkan Anda untuk menambahkan lokasi lain, dan Anda dapat menyeret ikon tiga garis horizontal di sebelah setiap perhentian untuk memindahkannya sebelum atau sesudah tujuan.

6. Setel pengingat di Google Maps

Setel pengingat di Google Maps

Google Maps juga dapat mengirimkan pemberitahuan tentang waktu Anda harus berangkat untuk mencapai tujuan tepat waktu. Masukkan tempat tujuan Anda dan tempat tujuan Anda di Google Maps, lalu ketuk ikon tiga titik di kanan atas dan pilih Setel pengingat untuk pergi. Anda dapat memilih kapan Anda ingin pergi di tab Berangkat, dan tekan Selesai. Peta kemudian akan mengirimi Anda pemberitahuan pada waktu yang Anda pilih.

Atau, Anda dapat membuka tab Tiba dengan dan memilih kapan Anda ingin mencapai tujuan Anda. Google Maps akan mencari tahu waktu keberangkatan yang tepat bagi Anda untuk sampai ke tujuan tepat waktu, dan mengirimkan pengingat yang sesuai.

7. Anda dapat mengubah ikon kendaraan di Google Maps

Anda dapat mengubah ikon kendaraan di Google Maps

Saat Anda melakukan salah satu perjalanan darat yang luar biasa ini, Anda dapat dengan cepat menambahkan elemen kecil—namun menyenangkan—ke Google Maps. Ikon kendaraan default adalah panah biru dan jika Anda mengetuk panah itu, Anda juga akan melihat ikon kendaraan lain. Pilih yang Anda suka dan Anda siap.

8. Pilihan rute angkutan umum di Google Maps.

Sesuaikan opsi angkutan umum


Saat Anda memasukkan tujuan di Google Maps, Anda juga akan melihat ikon kereta kecil di bawahnya. Mengetuk ini akan memungkinkan Anda untuk memeriksa waktu transportasi umum dan rute yang tersedia untuk perjalanan Anda. Ini cukup akurat di banyak tempat, tetapi berbeda di beberapa tempat rahasia di sini adalah penyesuaian pilihan rute ini. Anda akan melihat ini jika Anda mengetuk tombol Opsi yang muncul saat Anda memilih transportasi umum.

Di sini Anda dapat memilih opsi yang sangat berguna seperti Akses kursi roda dan Biaya terendah, selain dari moda transportasi umum pilihan.

9. Temukan pusat vaksinasi

Temukan pusat vaksinasi

Jika Anda mencari pusat vaksinasi, ketik saja pusat vaksin di dekat saya di Google Maps, dan aplikasi akan menunjukkan di mana Anda bisa mendapatkan suntikan. Ini juga memberi tahu Anda jika Anda membutuhkan janji temu sebelum Anda bisa mendapatkan pekerjaan, yang sangat membantu.

10. Bagikan lokasi Anda secara real time

Berbagi lokasi secara real-time di Google Maps

Google Maps juga memungkinkan Anda berbagi lokasi dengan orang lain secara real time. Ini mungkin terdengar agak menyeramkan, tetapi bisa menjadi fitur keamanan yang berguna. Jika Anda merasa tidak aman, Anda dapat mengizinkan teman dekat atau anggota keluarga untuk memantau lokasi Anda selama beberapa waktu. Fitur ini juga berguna ketika Anda sedang menuju ke rumah teman dan mereka ingin melihat seberapa jauh Anda berada.

Untuk menggunakan fitur ini, ketuk ikon profil di Google Maps dan tekan Berbagi lokasi. Saat Anda ingin mulai berbagi, ketuk Bagikan lokasi lalu ketuk Selama 1 jam untuk menyesuaikan berapa lama Anda ingin membagikan lokasi Anda. Terakhir, Anda dapat memilih salah satu kontak Anda dari daftar atau mengetuk Opsi lainnya untuk mengirim tautan yang berisi lokasi waktu nyata Anda menggunakan aplikasi lain.

11. Pelajari lebih lanjut tentang bisnis lokal

Pelajari lebih lanjut tentang bisnis lokal


Jika Anda tidak yakin apakah bisnis lokal memiliki fasilitas yang Anda butuhkan, Anda dapat mencari bisnis di Google Maps, geser ke kanan di bawah nama bisnis, lalu ketuk tab Tentang.

Ini mencantumkan banyak informasi berguna, seperti apakah tempat itu dapat diakses kursi roda, apakah kamar mandinya netral gender, atau apakah bisnis itu milik minoritas.

Nah itulah Pengaturan Google Maps Pintar yang Harus Digunakan Semua Orang dan sebaiknya mereka tau untuk mempermudah perjalanan dalam fungsinya.

Tidak ada komentar: